Ratu Eka Bkj

Pelopor Gerakan Idealis & Humanis

Breaking

Thursday, August 19, 2021

Peran Partai Politik, Solidaritas DPD PSI Trenggalek Berbagi Rice Box di Warga Suruh!


Penulis_@Ratu Eka Bkj

Pimpinan Media Publishing DPD PSI Trenggalek



DPD PSI Trenggalek - Peran partai politik bukan hanya hadir saat menjelang pesta demokrasi. Jangan hanya mendekati rakyat saat membutuhkan suaranya saja. Karena, masyarakat sudah bosan dengan segala culture politik selama ini yang cenderung pragmatis. Seharusnya, parpol dapat hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan peranan yang signifikan dan nyata. Tidak sekedar janji manis dan deretan slogan. Oleh sebab itu, partai PSI hadir sebagai wajah baru yang kerja dan mengabdi untuk rakyat. Salah satunya, dengan program berbagi #RiceBoxPSI untuk masyarakat.  


Peran partai politik PSI berusaha untuk dekat dengan rakyat dan memahami segala yang diharapkan. Dengan gerakan berbagi rice box kepada masyarakat, yang juga dilakukan oleh DPD PSI Trenggalek di Suruh. Bertepatan dengan HUT RI ke 76, semangat untuk saling bersolidaritas kemanusiaan menjadi prioritas Partai Solidaritas Indonesia. Karena, sejatinya kemerdekaan harus diwujudkan dengan saling berbagi berkah dan kesejahteraan. Jangan hanya segelintir elit politik saja yang bisa menikmati perayaan ini. Namun, harus benar-benar dapat dirasakan oleh seluruh elemen masyarakat.


Peran partai politik yang selama ini dipandang riskan dan cenderung oportunis harus dapat diperbaiki. Pasalnya, jika rakyat semakin jemu dengan dinamika politik yang seperti itu maka tingkat golput pun dapat meningkat. Sehingga, kepercayaan rakyat kepada para Politisi akan menurun drastis. Jika sudah begitu, segala kebijakan yang ditetapkan birokrasi menjadi tidak selaras dengan harapan rakyat. Bahkan, bisa menimbulkan perpecahan yang berakibat terhadap mudahnya rakyat diadu domba. Untuk mengantisipasi segala hal yang tidak diharapkan, dalam cita-cita kemerdekaan yakni persatuan. Maka, politik harus menjadi bagian hidup rakyat.



Artinya, peran partai politik wajib untuk bisa memberikan solidaritas humanisme yang mensejahterakan rakyat. Apalagi, di tengah pandemi yang belum usai seperti sekarang maka uluran tangan dan rangkulan tulus sangat dibutuhkan. Oleh sebab itu, dengan segala keterbatasan pun DPD PSI Trenggalek tetap menyelenggarakan berbagi rice box untuk warga Suruh. Banyak kader yang antusias dalam menjalankan amanah solidaritas kemanusiaan ini. Semua melakukan peranannya masing-masing secara tepat dan bertanggungjawab. Tidak lupa, tetap mematuhi protokol kesehatan dan menggunakan masker untuk menjaga kesehatan bersama.


Acara berbagi nasi kotak yang berada di titik lokasi Suruh merupakan rangkaian akhir. Sebelumnya, DPD PSI Trenggalek juga telah merealisasikan gerakan ini di beberapa daerah lain seperti: Durenan dan Pogalan. Berbagi #RiceBoxPSI pada Dirgahayu Indonesia ke 76 menjadi manifestasi peran partai politik yang nasionalis dan humanis. Tujuannya, selain dapat memenuhi kebutuhan logistik masyarakat menengah ke bawah pun bisa memutarkan ekonomi pelaku UMKM. Karena, makanan yang PSI bagikan untuk warga dibeli langsung dari para Pedagang. Dengan begitu, solidaritas saling tolong-menolong dapat sebagai wujud memahami suara hati rakyat. Seperti halnya ucapan yang disampaikan oleh warga penerima rice box. 


“Terima kasih kepada Partai Solidaritas Indonesia, atas pembagian bingkisan kepada warga masyarakat.” ungkap Mas Yayan


“Terima kasih bingkisannya kepada Partai Solidaritas Indonesia, Indonesia Jaya!.” ucap Mas Agus


Demikianlah terealisasinya acara berbagi #RiceBoxPSI sebagai peran partai politik yang nyata dan humanis. Hingga dirilisnya artikel berita ini, telah menjadi closing agenda pada 17 Agustus 2021.***



Pimpinan Media DPD PSI Trenggalek

Ratu Eka Bkj (Eka Aprilia, S.Ag)

0895367203860




No comments:

Post a Comment