Ratu Eka Bkj

Tiada Nafas Tanpa Perjuangan Humanis

Breaking

Tuesday, July 28, 2020

Nih Aplikasi Yang Membutuhkan Akses Internet, Anda Harus Tahu Supaya Hemat Data Saat Masa Pandemi!


Pimpinan Media = @Ratu Eka Bkj
Penulis = @Suryani D’Syams


Aplikasi Yang Membutuhkan Akses Internet - Kini era kontemporer memang sudah serba canggih. Apapun selalu melibatkan internet, agar bisa terhubung dengan banyak orang dari berbagai kalangan, tempat dan wilayah. Generasi millenials, tidak bisa lepas dari yang namanya teknologi. Berbeda dengan generasi sebelumnya, dimana pengaruh digital belum terlalu dalam. Saat ini smartphone, internet, laptop, dan lainnya sudah sangat merebak di kalangan anak-anak, remaja, dewasa, bahkan tak jarang beberapa orang tua juga menggunakannya. Karena menjadi tuntutan zaman, dimana akses internet sangat diperlukan.

Contohnya di masa pandemi Covid19 seperti sekarang ini, pemerintah menerapkan metode belajar dari rumah atau study from home. Agar, penyebaran virus corona tidak cepat menjalar. Belajar dari rumah mengharuskan anak-anak terhubung dengan internet, supaya mereka bisa tahu tugas apa saja yang harus dikerjakan. Maka dari itu, butuh pendampingan dari orang tua agar sistem belajar anak bisa terkendali. Disinilah orang tua dituntut untuk bisa menggunakan smartphone, dan beberapa Aplikasi Yang Membutuhkan Akses Internet. Ada juga Pekerja yang diharuskan bekerja dari rumah, selama pandemi ini belum berakhir. Namun tak jarang, beberapa dari orang tua masih bingung aplikasi yang membutuhkan akses internet itu apa saja. Selain orang tua, ternyata banyak juga yang masih belum “Ngeh” dengan beberapa aplikasi di smartphone mereka. So, berikut EKA BKJ berikan daftarnya yang sering digunakan baik untuk sistem belajar dari rumah ataupun dalam kebutuhan pekerjaan dan lainnya. Selamat membaca Guys!

Aplikasi Yang Membutuhkan Akses Internet: Whatsapp
Aplikasi yang sudah umum dan hampir selalu digunakan di seluruh Indonesia. Aplikasi messenger ini, merupakan pesan lintas platform dimana Penggunanya bisa saling bertukar informasi pesan tanpa pulsa, sebab Whatsapp menggunakan paket data internet, bisa dengan koneksi 3G, 4G dan WiFi. Anda bisa melakukan obrolan daring (Baik telpon ataupun video call), chatting, bertukar dan berkirim file dokumen dan foto. Disini, Anda bisa membuat grup atau masuk ke grup-grup yang sudah dibuat oleh Pengguna lain. Contohnya seperti Grup Kantor, Grup Komunitas, Grup Bisnis, Grup Kelas, Grup Wali Murid, Grup Arisan dan lainnya. Menurut kabar, Whatsapp akan melakukan pembaruan menjadi aplikasi multiplatform dan alat pembayaran. Kapan itu? Kita tunggu saja tanggal mainnya Guys!


Aplikasi Yang Membutuhkan Akses Internet: Brainly
Salah satu aplikasi yang didirikan dengan berbasis teknologi pendidikan. Dimana setiap Pengguna bisa saling bertanya, atau memberikan jawaban untuk sebuah soal yang belum mereka kuasai. Anda bisa mengakses Brainly secara gratis di android, iOS ataupun peramban website. Tentunya, tetap menggunakan data untuk penggunaannya. Mengusung tiga tingkat pendidikan dari SD, SMP dan SMA dimana 25 mata pelajaran tersedia disana. Nah, ketika Anda sudah mendaftar disini maka bisa mengajukan pertanyaan atau menjawab pertanyaan dari Pengguna lain, terdapat sistem penilaian berupa poin. Jika Anda banyak menjawab dengan benar maka poin akan bertambah, sebaliknya jika memberi sebuah pertanyaan maka poin berkurang. Bagi Pengguna yang banyak poinnya, maka Ia akan ditampilkan di halaman utama.


Aplikasi Yang Membutuhkan Akses Internet: Google Drive
Salah satu fitur keluaran Google, yang mengusung ruang penyimpanan secara online. Anda tak perlu kuatir tentang memori eksternal atau internal tidak cukup untuk melakukan penyimpanan. Dengan Google Drive, Anda bisa menyimpan sampai dengan ukuran 15gb. Bahkan jika Anda melakukan pekerjaan yang melibatkan dokumen berupa file, simpan saja di Google Drive maka pragtis dan aman. Tak perlu repot membawa flashdisk atau komputer Anda. File lama yang telah Anda simpan disini pun akan aman, tanpa kuatir rusak atau hilang seperti di komputer, laptop atau flashdisk. Cukup hubungkan smartphone Anda dengan internet, dan pastikan Anda memiliki akun Google. Jika ukuran 15gb tidak cukup, maka Anda harus melakukan upgrade account untuk mendapatkan yang lebih besar.


Aplikasi Yang Membutuhkan Akses Internet: Google Maps
Merupakan layanan pemetaan wilayah yang dikembangkan oleh Google, seperti peta pada umumnya. Baru-baru ini setelah diperbarui namanya menjadi Maps GL, dimana tingkat kinerjanya lebih baik dari maps sebelumnya. Meliputi tampilan transisi yang halus, sistem 3D, rotasi 45° dan tampilan street view.
Anda bisa menyimpan peta di perangkat smartphone atau di kartu SD, syaratnya harus terhubung dengan internet. Agar bisa mengakses wilayah yang Anda cari. Setelah tersimpan, Anda bisa menggunakannya secara offline. Namun jika ingin memperbarui peta yang telah Anda download tadi, maka harus terhubung kembali ke internet.


Aplikasi Yang Membutuhkan Akses Internet: Google Translate
Nih dari Google lagi, yang sengaja dikeluarkan agar memudahkan komunikasi dari berbagai bahasa. Google Translate mampu menerjemahkan bahasa dari berbagai bentuk media teks, ucapan, gambar dan bahkan gambar bergerak sekalipun. Secara khusus fungsinya sebagai berikut:
Menerjemahkan kata tertulis.
Penerjemahan situs web yang berisi suatu bahasa, kemudian diartikan dalam bahasa yang diinginkan.
Aplikasi seluler pun bisa diterjemahkan.
Penerjemahan dokumen (Dengan format doc, pdf, rtf, xlsx, pptx, odf, docx, ps, txt, xls).
Penerjemahan bicara. Anda bisa langsung berbicara saat aplikasi sudah siap, kemudian otomatis akan diartikan ke bahasa yang diinginkan.
Aplikasi seluler pun tidak luput dari Google Translate, secara otomatis menerjemahkan bahasa lain dalam aplikasi ke bahasa yang kita inginkan. Tanpa keluar atau mengubah aplikasi yang diterjemahkan tersebut.
Gambar dan tulisan tangan bisa diidentifikasi secara langsung, dengan sistem pemindaian terlebih dahulu.
Untuk sebagian fiturnya ada yang bisa diakses offline seperti pelafalan, kamus dan pendengaran terjemahan. Selebihnya, agar bisa menikmati fitur lain tentu Anda harus online.

Aplikasi Yang Membutuhkan Akses Internet: Facebook
Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di berbagai negara. Anda bisa memuat profile dengan menyertakan foto, daftar diri, informasi kontak dan beberapa data lainnya. Facebook juga melengkapi fitur pengaturan privasi. Jadi, Anda bisa mengatur siapa yang bisa melihat profil dan halaman. Mengunggah foto, status, kegiatan baik berupa video, gambar maupun tulisan di beranda Anda, menjalin komunikasi lewat inbox atau via kolom komentar yang disediakan.
Saat ini Facebook bukan hanya digunakan sebagai komunikasi, namun juga untuk media advertising atau periklanan. Anda bisa menjual berbagai barang atau jasa, kemudian beriklan di Facebook Ads untuk mendapatkan banyak target market. Pastinya, dengan syarat dan ketentuan yang sudah berlaku. Bahkan, dari sini banyak pula yang sudah menghasilkan pundi-pundi rupiah. Aplikasi yang membutuhkan akses internet bisa menghasilkan uang juga kan mantap!


Aplikasi Yang Membutuhkan Akses Internet: Instagram
Aplikasi yang membutuhkan akses internet berikutnya adalah, Instagram atau IG. Dimana halaman yang ditampilkan berupa foto dan video. Bisa juga dengan menambahkan beberapa kata, sebagai caption pemanis. Foto di IG memiliki kualitas bagus, karena dilengkapi dengan filter bawaan aplikasi. Ada banyak filter keren yang membuat fotomu jadi makin bagus dan unik. Sedang untuk video terbatas beberapa menit saja. Dengan menyertakan hastag untuk mengelompokkan foto dalam satu tabel, dan tag untuk menandai teman.


Aplikasi Yang Membutuhkan Akses Internet: Pinterest
Di negara kita, Pinterest sudah mulai banyak digunakan. Walaupun penggunanya tidak sebanyak Facebook dan Instagram. Konsep Pinterest adalah Pengguna bisa mengupload foto, menyimpan, memilih, mengatur foto. Dimana setiap foto yang ada dinamakan Pin, ada juga konten media lainnya. Setiap Pin yang dikoleksi, dimasukkan dalam wadah bernama Pinboards. Kurang lebih hampir mirip dengan Instagram, secara keseluruhan tentu memiliki perbedaan. Kualitas foto disini pun bagus-bagus, tak jarang banyak yang suka fotografi  dengan memiliki akun ini. 


Aplikasi Yang Membutuhkan Akses Internet: YouTube
Sebuah aplikasi web, dirancang khusus untuk tampilan video dengan berbagai ukuran dan tingkat resolusi yang bisa diatur. Saat ini banyak orang yang berlomba-lomba membuat akun YouTube agar trending, banyak subscribe, like dan komentar. Sebab profesi YouTuber saat ini sangat menjanjikan, dari situ bisa menghasilkan uang dengan cara monetize Google Adsense dan memasang Jasa Endorse. Untuk setiap akun yang memiliki minimal 1000 subscriber dan 4000 jam tayang, sebagai syarat mendapat uang dari Iklan Google Adsense yang dihasilkan dari konten-konten video. Namun jangan salah, YouTube juga memberi sanksi copyright untuk akun dengan konten-konten yang diduga plagiat.


Sebenarnya masih ada Aplikasi Yang Membutuhkan Akses Internet seperti Twitter, LinkedIn, Tmblr dan masih banyak lagi. Namun, pembahasan kali ini tidak cukup dalam satu artikel. InshAllah, bisa disambung di artikel yang akan datang oke Guys. Atau, dengan judul lain yang melibatkan aplikasi dengan koneksi internet tentunya.
Jadi, kira-kira aplikasi apa saja yang sudah terpasang di smartphone Anda? Sudahkan Anda mengetahui hal dan fungsinya. Pastikan, untuk melakukan pengaturan pada aplikasi Anda. Jika sedang tidak digunakan, maka nonaktifkan saja melalui menu Pengaturan atau Logout dari aplikasi tersebut. Agar kuota Anda lebih hemat dan tidak cepat habis, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Biasanya ada beberapa aplikasi dengan akses data aktif, yang tidak diketahui pemilik smartphone. Sehingga, harus dicek terlebih dahulu. Oke Guys, sekian dari Kami EKA BKJ. Jika Anda memerlukan content penulisan untuk branding bisnis ataupun website, maka bisa menghubungi Jasa Penulisan Eka Bkj. Karena sudah terjamin kualitasnya terbaik, original, menarik, unik, dan SEO dengan harga terjangkau.

DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =

0177-01-042715-50-9

EKA APRILIA.... BRI...

0895367203860

EKA APRILIA, OVO


No comments:

Post a Comment