Ratu Eka Bkj

Tiada Nafas Tanpa Perjuangan Humanis

Breaking

Thursday, May 7, 2020

Kenapa Indonesia Sulit Maju dan Politiknya Tidak Stabil? Struktur Ketatanegaraan Tidak Jelas



Oleh_@Ratu Eka GERMUSIA



Sistem Ketatanegaraan Indonesia




Sistem Ketatanegaraan Inggris




Sistem Ketatanegaraan Amerika




Sistem Ketatanegaraan Jerman





Kenapa Indonesia Sulit Maju dan Sering Mengami Ketidakstabilan Politik?

Karena, Struktur Ketatanegaraan Indonesia mengalami ketidakjelasan. Cek saja struktur-nya, tidak ada garis komunikasi maupun garis instruksi. Dan, kita juga tidak memiliki Pemimpin Negara berdasarkan Struktur Ketatanegaraan Indonesia yang sekarang. Mengapa?
Karena, dalam Struktur Ketatanegaraan Indonesia sekarang (Setelah Amandemen) yang menjadi Pemimpin Negara kita adalah UUD 1945. Masak kita dipimpin oleh benda mati, yakni sebuah teks yang tidak bisa berbicara dan tidak bisa membuat kebijakan kok menjadi Pemimpin. 
Bahkan, teks yang bisa dimulti-tafsirkan serta dijadikan alat kepentingan suatu kelompok. Indonesia mengalami Sistem Negara yang lemah, karena ketidak jelasan akan Struktur Ketatanegaraan-nya.

Coba bandingkan dengan negara maju lainnya, struktur-nya mereka jelas (Cek di gambar tabel di atas, bandingkan antara: Indonesia, Inggris, Jerman, Amerika). Sistem Ketatanegaraan  Inggris, Amerika, Jerman garis komunikasi dan garis instruksi-nya ada dan jelas. Pemimpin-nya jelas suatu manusia yang bernyawa (Ratu / Kepala Negara, Perdana Menteri, Presiden, Kanselir). Kemudian, membawahi lembaga-lembaga pemerintah lainnya.
Sedangkan di Indonesia, Pemimpin Negara-nya UUD 1946 sebuah teks dan membawahi lembaga-lembaga pemerintah termasuk Presiden saja posisinya setara dengan MK dan Kehakiman yang statusnya lembaga pemerintahan. Struktur Ketatanegaraan Indonesia pun tidak terdapat garis intruksi maupun garis komunikasi. Coba fikir dan analisa dengan logika sehat, perbandingan ini! Di Negara lain Rakyat dimasukkan ke dalam Struktur Ketatanegaraan, namun di Indonesia Rakyat tidak masuk struktur.

Jika Indonesia tetap mempertahankan Sistem Negara dan Sruktur Ketatanegaraan yang tidak jelas seperti ini, jangan heran jika = Indonesia sulit maju, Indonesia selalu mengalami gejolak politik yang tidak stabil, Indonesia Presiden-nya disetir Partai, DPR, Konglomerat dan juga Negara Luar. Karena posisi Presiden mengaca pada Struktur Ketatanegaraan setara dengan lembaga-lembaga pemerintah lainnya.


 

DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =

0177-01-042715-50-9

EKA APRILIA.... BRI...

0895367203860

EKA APRILIA, OVO


No comments:

Post a Comment